Jumat, 01 November 2013

Berdarah - darahnya akuwwww menggapaimu....

....menjadi abdi negera adalah impian bagi sebagian orang, profesi daripada tidak kerja, profesi beneran dengan tulus ikhlas mengabdi pada bangsa dan negara, tes sekali eh tiba keterima, ingin membangun desanya dengan pulang kampung, aktualisasi diri, menyenangkan orang tua.... atau apa saja ,,,,
bagi saya .... entahlah saya tidak bisa menjawabnya,,,yang jelas saya ingin juga menjadi abdi negara bahkan sangat ingin, namun sekarang saya persempit lagi cakupannya, abdi negara yang seorang pendidik...
saya perluas lagi pendidik yang bukan abdi negara tidak apa2 (pendidik : kopertis, yayasan, red).
ada rasa kesal, sebal ketika rumitnya mengerjakan soal matematika (dari dl saya mmg tidak ahli soal ini, bahkan bs dibilang sangat bodoh, soal pekerja X menyelesaikan waktu kerja selama N detik dibandingkan pekerjaan 2x dilakukan dengan M detik saja saya mikirnya setahun baru ketemu persamaan matematikanya, dua tahun baru ketemu jawabnya.
belum lagi soal Hukum, tata negara, undang2 dsb dst yg sama sekali bukan bidang saya...
yang saya bisa hanya 1 soal psikologi kepribadian, tp saya yakin semua orang juga bisa megerjakannya...
ini sudah tahun keempat saya mengikuti tes menjadi abdi negera CATAT TAHUN KEEMPAT. kadang saya mikir, apa saya bodoh banget yaaa.. koq sampe 4tahun ga bisa lolos,,, padahal sepertinya saya tidak bodoh2 amat, saya melihat teman2 SD SMP SMA saya yg prestasinya dibawah saya kerajinannya dibawah saya(sombong bgt! :) , juga banyak yg bs jd abdi negara, ya mungkin mereka belajar dengan keras pagi siang sore malam sampei pagi lagi, pandai memanfaatkan peluang di pusat atau daerah dan mungkin juga pada saat tes formasi yg mereka lamar saingannya tidak terlalu pintar tidak sepintar mereka, atau yaaa entahlaaahh tp saya yakin mau jujur atau mau gimana-gimana semua adalah pilihan yang ada konsekuensinya masing2 kan.
Nah ini beberpa pengalaman ku ikut Tes Abdi Negara yang sebagian besar kocak,,
2009

1. Departemen Perikanan dan Kelautan (namanya masih DKP) (memilih penempatan di Direktorat Pesisir dan Pulau Pulau Kecil Kupang) ---> sebagai Lupa...
setelah lulus kuliah 2 bulan, aku diterima kerja di sebuah toko buku di kota semarang yang baru buka. tapi yaaaa pekerjaannya tidak sesuai dengan ijazahku, tapi ak menyanggupinya, ak pikir untuk mencari pengalaman saja. Aku sering curi2 waktu membaca buku2 tes CPNS di toko, namun yaaaa kalo ketahuan CCTV pasti aku kena marah. Waktu itu aku mempunyai 2 supervisor yang lumayan baik tapi sangat tegas. Aku sudah ijin beberapa hari sebelumnya untuk tidak bisa masuk selama 2 hari. Namun ternyata supervisorku lupa, dan aku tetap dipasang pada saat hari aku harus pergi ke tempat tes CPNS (kota Tegal) untuk mengambil nomor tes, akhirnya aku mengambil jurus andalan, marah2 dan menangis ngesot2 lantai. Temanku seorang cowok namanya Heri (makasiiii banget mas Heri) tak akan kulupa jasamu. Dia mau menggantikanku sift bekerja hari itu, dan kemudian aku menggantikannya di sift bekerjanya dia, masalah selesai....
kemudian esoknya aku berangkat ke
 tegal naik kereta api tut tut tut, hampir 1 kereta isinya anak perikanan semua.
baru lulus S1 masih semangat2nya kami ikut tes2 CPNS karena ya masih pada jobseeker. Ingatnya dulu barengan titin, nita, ndus sekamarnya dapat nginep di dalam kantor SUPM enak, ACnan pula (terimakasih Lukni #eh, dia adalah teman KKNku yang bekerja di Tegal dan membantu memesankan tempat menginap untuk kami di dalam tempat tes).Kami datang siang lansung verivikasi kartu, habis itu sorenya main (laaaaah mau tes koq main,, #anak muda) pulang penginepan hbs magrib n baca2 dikit, alhasil besoknya : MATI KUTU.. ini soal apaaaaaa??? PSP (pemanfaakan sumber daya perikanan) jaring untuk larva udang dengan mesh size brp,  dll dll... hancur hatikuuuuuu.... padaahal mata kuliahku MSP (manajemen sumberdaya perairan),  semua , matematika bahasa inggris... haduuuuu,,,
dan berakhir dengan TIDAK LOLOS.


cewe2 MSP04

dari kesemuanya yg keterima cuma 1 si lelaki itu yg plg depan hahaha

2. Departemen Kehutanan (2009) --> Pengendali Ekosistem Hutan (lupa entah memilih penempatan di Negeri antah berantah mana)
Biasanya lulusan S1 di yang menjadi CPNS Dephut akan ditempatkan di luar Jawa. Aku waktu itu tes di Semarang. Dengan tempat tes yang sangat dekat dengan tempat tinggalku. Dan kebiasaanku adalah, jika tesnya dekat aku sll *ngampangke* berangkat mepet. Tapi nggak telat donk!!! (bangga) .. Tapi tempat tesnya ini masya ALLAH nggak banget, bikin leher tengengen. Lha gimana di lapangan basket indoor GOR jati diri. hadeeehh ,,, Soalnya sih seputar Kehutanan, aku cukup terbantu dengan skripsiku yang mengambil tema mangrove. Aku lumayan bisa menjawab soal soalnya (menurutku!!!! tapi jangan percaya sama aku, kalo percaya sama ALLAH saja, hahaha). Pulang tes, eh aku ketemu temanku waktu magang di Balai Besar Budidaya Air Tawar Sukabumi, aku ajak dia dan temannya mampir kerumahku, dan kami bertiga makan nasi padang bersama di rumahku,,
HASIL TES INI : TIDAK LOLOS.... !!!! :(


3. Pemerintah Kota Madiun (2009) --> Formasi LUPA
Ceritanya ada seorang temanku yang mau menguruskan pengambilan nomor pesertaku di sana, sehingga aku boleh mengambil nomor peserta tidak tepat waktu, kemudian dia mengantarku dan menguruskan semuanya. Semua birokrasi beres kalau ada dia (siapa dulu papanya ,, hahaha). Formasi lowong hanya 1 orang dan diperebutkan oleh 17 orang. Posisiku masih di Semarang, pulang dari Semarang Sabtu sore pulang kerja dari toko buku, dan tidak dapat tempat duduk, berdiri hingga Bawen kalo tidak Salatiga. Benar2 kakiku rasanya Subhanallah. Sampe di Madiun rasanya sudah hampir setengah nyawa mengantuk dan sangat capek, sudah hampir dini hari. Keesokan paginya langsung tes. Ibu sempat marah2 karena aku tidak segera bangun, lhaaa gimanaaa masih capek oq (alasan). Lagi2 tempat tesnya dekat dengan rumahku, dan ajaibnya di SMPku sendiri, dan Ajaibnya lagi DI KELASKU sendiri sodara2, berasa de javu, inget temen2 sekelas waktu kelas 1 dan kelas 3, ingat Ebtanas yang dikembalikan lagi sama teman - teman kelas 1 agar nomor induknya sama. Yang menjaga tes pun adalah guru sekaligus tetanggaku sendiri yang sama2 aktif di tarbiyah. Sekelas pun sama kakak kelasku di SMA yang melankutkan kuliahnya di Perikanan Unair, sebut saja namanya si mas Cindranus carpio yang ternyata  pada masa kecilnya dia adalah anak bule yang  ditukar dengan Chanos chanos  hahahaha, dia duduk di belakangku, tapi tak menyapaku, mungkin lupa sama akuuuu.. Naaahh kurang apa lagi coba dengan kemudahan2 seperti itu, MASIH SAJA AKU TAK DITERIMA. pada tes CPNS ini, ada beberpa temanku yang diterima kembali pulang ke kampung halaman kami --> selamat buat mereka ... ini bisa disebut tes terakhirku di Kota Kelahiranku, karena sampai blog ini dibuat (2013) tak ada lagi perekrutan PNS untuk jurusanku di sana. Untuk Formasiku ini setahuku yang diterima adalah kakak kelasku SMA, lulusan Perikanan UGM.

4. Provinsi Jawa Tengah (2009), formasi lupa.
Banyak hal yang tak kuingat tentang ini. Seingatku, aku tes bareng teman2 sekelasku juga, di tempat yang cukup dekat dengan rumahku. Tak ada perjuangan yang berarti dengan tes ini, aku mengambil sift sore di toko buku, sehingga, aku paginya bisa tes dulu.
HASILNYA : tidak diterima


5. DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI (2009)
Ini menurutku adalah tes paling gila yang kulakukan. Tesnya di Jakarta dan peluangnya hanya 1 orang. Kalo ada hal seperti ini lagi kemungkinan 90% aku tak berani berspekulasi. Aku berangkat naik Argo Muria (dengan difasilitasi orang tuaku, maafkan aku ibuu selalu merepotkan). Dalam perjalanan saking nyamannya naik kereta eksekutif, aku ingin belajar dengan tenang (belajar koq dalam perjalanan), namun apa yang terjadi sodara2, aku malah diajak curcol oleh teman dudukku yang seorang gadis Thionghoa.. Ceritanya dia sedang menghadapi kemelut percintaan (halah), karena berpacaran dengan lelaki dari suku lain, sehingga ortunya tak setuju. laaahh .. Mbak,,, tuolongg mbaaakk malah curhat, saya mau tes mbaaakk.. Tapi sampe sekarang hubungan kami masih baik, kami tukar menukar nomor HP dan dia masih sering menghubungiku untuk nanya kabar, dll. Sampai Gambir, aku dijemput oleh Omku dan Kakak sepupuku yang sudah bekerja disana.
lalu kami berdua menginap di rumah omku, daaann tahu ngga rumah om ku itu dimana BEKASI. betapa jauhnya coba bayangkannnn.. Namun om ku ini adalah om terbaik di dunia, dia paginya juga mengantarkanku ke tempat tes sebelum dia berangkat kerja.. Dan ini tes kedua yang kualami di ruang Indoor dan membuat leherku tengeng. Disana bisa2nya ketemu pula sama teman SMA (mbak UUT halo mbaa) dan depan belakangan sama Mas Rizki anak 2003 karena nama kami sama. Soal yang keluar?? jangan ditanya,,,, yaaa gt deh.... Aku pulang dari tempat tes naik taksi sendiri menuju stasiun Pasar Senen, sepertinya aku diputer2in deh sama sopir taxinya,ahh gpp, aku sempat pula curhat sama sopir taxi mencari keberadaan seseorang yang harus aku cari, kemudian bapaknya mendoakanku supaya segera menemukan orang tsb. Haii orang tersebut, anda harussss hadir dalam pernikahan saya..wkwkwkw....(apa hubungannya). Sampai stasiun, aku memesan tiket Bangunkarta, jaman 2009 tidak dapat tempat dudukpun masih bisa naik, tidak seperti sekarang yang super ketat. Aku sampai semarang dengan selamat tanpa kurang suatu apapun, alhamdulillah.
HASILNYA : TAK LOLOS PULA!!!!


SETELAH 2009 INI TERJADILAH MORATORIUM CPNS, HINGGA 2013. MEMANG ADA BEBERAPA KEMENTRIAN YANG MASIH MELAKUKAN PEREKRUTAN NAMUN TIDAK OBRAL2 AN SEPERTI TAHUN 2009. JIKA MELAKUKAN PEREKRUTAN TIDAK MEMUNGKINKAN AKU UNTUK IKUT, KARENA AKU SAAT ITU SEDANG MENEMPUH PENDIDIKAN PASCASARJANA.

6. Provinsi Jawa Tengah (2011) formasi lupa.
Seingatku, aku tes bareng Ndus dan Nita (seingatku), dan beberapa kakak tingkat di kuliah. Aku tes di SD AL AZHAR BANYUMANIK. Hampir 2-3 kelas yang yang mengikuti tes ini, namun yang diambil cuma 1 formasi. Gilaaa benerrr..
HASILNYA : tidak diterima

Yang diterima adalah mas Nanang kakak tingkatku di MSP 2002 yang sekarang kami sering bertemu kalau aku ke kantor temanku di Dinas Perikanan Provinsi.

7. PROVINSI JAWA TIMUR 2012, formasi pengawas perikanan
kebetulan aku sudah pernah memposting cerita ini di blog ku sebelumnya 
Cerita Tes PNS Jatim, namun baiklah aku tulis lagi. Aku sudah lulus S2 waktu mengikuti tes PNS ini, namun belum wisuda, dalam hatiku, aku masih idealis, aku ingin menjadi pengajar, dan tinggal di Semarang, namun Tes CPNS menjadi pengajar ditutup pada tepat di hari aku sidang tesis, sehingga aku tidak bisa ikut di kementrian itu. Agak gimana gt sebenarnya tes pake ijazah S1, namun segala cara kulakukan untuk menggapainya.
Ada 2 formasi yang ditawarakan penyuluh dan pengawas, namun aku jelas memilih pengawas. Saya memang orang Jawa Timur, lahir ceprot hingga SMA menghabiskan waktu saya di Jatim. Tapi saya tidak mengenal kota lain di Jatim selain kota tempat tinggal saya Madiun. Liburan sekolah sering saya habiskan dengan pergi ke Semarang untuk mengunjungi budhe saya di Semarang, sehingga bukan salah saya jika memang saya lebih mengenal Semarang ketimbang Surabaya.  Jadi ketika saya harus membawa *misi khusus* ini saya harus berbakti kepada pakde karwo (gubernur jatim) selama 1 hari d surabaya. 
Kali ini sama dengan travelling saya ke Bali yg hanya modal nekat. Kali ini lebih nekat lagi. Saya naik kereta bisnis jurusan jakarta surabaya via tawang semarang. Jam 23.45 pula keretanya. Padahal rumah udah lumaya  jauh aja tuh sama tawang, biar ga ngerepotin,saya berangkat sendiri naik motor ke tawang sekitar jam 21an. Estimasi drpd kamelaleman tau sendiri Tawang rada2 ngeri kalo malam. Alhamdulillah dzikir segala rupa, pake ayat yang dihafal mulut komat kamit nyampe juga di Tawang. Nitipin motor buat 2 hari. Trs langsung menuju dunkin donat aslinya sih bukan karena nggaya. Tp takut, hahahaa. Cuma mesen 2 bolongan donat trs nunggu kereta k sby. Sambil belajat misi khusus, eehh di a.yani ketemu tukul, di kereta ekonomi ketemu limbad duduk sebelahan, lhaaa di dunkin ketemu anie avantie. Ehhh sambil nunggu ni kereta Pake delay pula.. hadehhh.. sekitar 30 menit sebelum kereta dateng, dengan pedenya sok keluar dunkin.. ketemu seorang perempuan pake jilbab dan membawa alas triplek, trs nanya "mbak, mau k sby membawa misi khusus juga ya, barengan yuk, kamu di gerbong berapa?" .  Dia jawab "iya mba,ak jg mau k sby membawa misi khusus, boleh mba aku d gerbong 3 yaahh kita beda gerbong deh" Akhirnya obrolan pun berlanjut, dan ternyata oh ternyata dia barengan sama mas nya naik kereta sama dr jakarta cm lain gerbong dan ternyata masnya mbak tersebut muridnya pakde sama bapak di geologi, hahaahaha. Koq bs kebetulan gini. Mbaknya ternyata lebih muda dari aku, namanya Ima lulusan D3 ekonomi. Dan masnya juga lbh muda dr aku Ima. Tiga orang dengan tujuan yang sama tapi beda gerbong sampai pasar turi, kami ber3 ketemu lagi trs naik taksi bareng ke tempat misi khusus. Hahaha lumayaaan udah ketemu barengan cowok, dibayarin pula taksinya hahaha.. (terimakasih dek  Masykur). Aku sama dek Masykur misi khususnya di unesa sdgkan dek Ima di untag. Setelah anter dek Ima di Untag, aku, pak taksi sama dek Masykur pergi ke unesa. Ehhhh sampe unesa udah minta tolong sama temen buat carikan ruangan tempat misi khusus berlangsung (jzklh khoir buat ketua formasi pada jamanku-rizal) ternyata dia sekelas sama aku jadi alhamdulillah ada teman lagi di surabaya yang asing.Selesai misi khusus yang lagi2 tanpa persiapan, janjian ketemuan sama sahabat SMA namanya Silfa di mall royal, dari unesa jalan dikit ke gerbang,trs naik becak ke mall royal sampai mall royal udah lapeeerrr tingkat provinsi jawa timur akhirnya pesen makan di Hokben n minum buat silfa (katanya silfa udah makan, jd ga minta dipesenin, maklum penganten baru, jadi rajin masak ya sil,xixixi). Agak lama nungguin silfa, karena dia beberes kontrakan dulu akhirnya silfa datang juga, ya Allah ni anak masih kaya dulu, kalem, baik, pinter :) . Habis maem akhirnya muter2 mall royal, setelah puas naik bis kota dianter silfa k bungurasih. Disinilah petualangan sebagai orang jawa timur dimulai. Berdiri di bus kota depan mall royal sampe bungurasih. Silfa,maafkan aku merepotkanmu. Ikutan berdiri pula sampe bungurasih. Dan ohhhh inilah bungurasih, terminal yang sangat mengerikan buatku. Silfa anter sampai dalam dan dia bilang "kiki, nanti rebutan lo naik sumber kencononya ati2 ya barang bawaan". Akhirnya silfa pamit ketika melihat bis sumber kencono udah datang. Dan benar ternyata bis 1 dikeroyok orang hampir 300. Datang lagi dikeroyok lagi, datang lagi dikeroyok lagi. Hahhaha dasar aku emang akhwat preman, singsingkan lengan baju panjangkan asa bis ke empat datang langsung serbuuuu walaupun keinjek2 kedempet2 sepatu udah tak berbentuk. Alhamdulillah dapat tempat duduk jejer sama anak Unjoyo upsss kata pak kajur Kelautan  Unjoyo menurut statuta (peraturan utk perguruan tinggi) tidak boleh menyingkat Universitas Trunojoyo Madura  dengan Unjoyo, tapi UTM. Hehehe maaph2 bapak, saya benar2 ga tahu.namanya ayik anak kelautan UTM enak bgt ngobrol sama dia, anak 2007 tp semangat sekolahnya sangat tinggi, udah punya anak&suami. Tiap hari madura - jombang krn anaknya tinggal sm mertuanya d jombang. Subhanallah patut diacungi jempol semangat sekolahnya. Habis kenalan sama ayik.ada tragedi hapeku nyelip pula, alhamdulilah ternyata tdk hilang dan ada di dalam tas. Kami jd teman ngobrol yang asik mungkin krn satu fakultas jadi nyambung banget. Akhirnya sebelum masuk jombang dia dijemput suaminya. Karena aku capek maka sepanjang perjalanan sampai caruban aku laluo dengan tidur. Alhamdulillah sekitar jam 20 malem dengan badan yg udah remuk redam sampai jg d rumah madiun. Ibu,  adik dan mama udah menyambut dengan pelukan hangatnya. Kemudian Mama mentraktirku di Ayam Panggang Mbak Mirah nikmatnyaaa...
misi khusus : TES CPNS.. *maaf waktu itu sedikit disensor atas 1 dan lain hal...
Hasilnya : TIDAK DITERIMA SODARA2 maaf ya pakdhe karwo, anakmu ini kembali tak berbakti.. aku malah memakmurkan provinsi lain... 


8. KEMENTRIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN (2013) ---> Direktorat Pesisir dan Pulau - Pulau Kecil. Jabatan : Analis Lingkungan. Pendidikan S2 Lingkungan. Penempatan : Negeri antah berantah (alias tidak tahu dimana)*
*seharusnya

Cerita terkonyol yang aku alami, baru tanggal 1 November kemarin. Ada beberapa kebodohan tertolol yang aku lakukan. Kebodohan pertama adalah : aku lupa memasukkan Akreditasi S2 ku dalam amplop lamaran, padahal aku jadi calo untuk ini, ada beberapa teman yang menggunakan jasaku sebagai calo legalisir ijazah dan akreditasi (harga pertemanan) hahaha promosi. Karena kantorku (PKPU, red) dekat dengan kampus S1ku, aku dengan gampang bolak balik kesana.
Tes sejatinya dilakukan di Kota Tegal tempat yang sama dengan tes yang dilakukan pada 2009. Aku memesan tiket kereta sebelumnya. Karena tes ini memakai CAT maka kami dibagi menjadi beberapa kloter. Tes menggunakan laptop sehingga hasilnya langsung bisa keluar (kata tiva, temanku yang sudah tes di Jakarta), adikku juga mendapat hasil yang lumayan bagus di tes CAT ini untuk kemampuan diri. Aku memesan tiket untuk aku dan temanku Mbak Rini (karena kami berabjad sama2 R). Sebenarnya kegalauan sangat melandaku, terkait aku sekolah lagi sodara sodara,, yaaayy aku sekolah lagi, dan sebenarnya jika aku sabar setelah aku lulus nanti aku bisa (DENGAN IJIN ALLAH ) menjadi pengajar sesuai cita - citaku, namun aku hanya penasaran saja dengan soal yang akan diujikan agar otakku tidak tumpul, jika 3 tahun kedepan aku menghadapi tes yang sama insya ALLAH aku bisa. 
masalah tak hanya disini.untuk mengambil no tes harus ke tegal,sedangkan pekerjaannku tidak libur. ada temanku yg berbaik hati mengambilkan no tes ku, namanya dika nur dan yuyun. dika nur ternyata dilarang petugas krn sdh dititipi tmn2 tll byk shg yg dia mengeprintkan kembali surat kuasa ku dan diambilkan oeh yuyun. kmdn stlh it dika mengeposkan nomor peserta ku k smrg... aku sangat berterimakasih pd mrk berdua atas kebaikan mrk.nmn smpe skrg ak blm cerita pd mereka ttg akhir tes ini.. aku tdk ingin mmbwt perjuangan mrk bdua terasa sia2... skl lg trmksh ku sedalam2nya atas kebaikan klian...

Kejadian 31 Oktober di Kelas...
Bu Nurjanah (teman sekelasku, seorang pengajar di PT Tegal beliau setiap pekan bolak balik semarang tegal untuk kuliah di Semarang dan mengajar di Tegal), 

Beliau berkata, "Ky, kamu beneran ky mau berangkat jam 13 siang? kereta ibu kemaren macet lo ky, tesmu kan jam 17.00 apa nyandak?"
Aku, "Bismillah Bu, nyandak Insya ALLAH (dengan Pedenya padahal aslinya hati kebat kebit).

Bu Nurjanah, Mending kamu naik bis aja ky.sepulang kuliah besok..
Aku, "tidak usah bu, naik bis di jalan pantura sekarang kan juga kama sama saja ( anak muda mendahlukan ngeyel), lagian besok kan ada kuliah dari Prof LAchmudin bu, saya mau berkonsultasi mengenai pengambilan data2 saya ...
Bu Nurjanah, baiklah ky...

Kejadian 1 November di Kelas
konsultasi dan kuliah dengan Prof Lachmudin berjalan dengan lancar, aku yang biasanya diam saja ketika kuliah, kali itu aku aktif bertanya segala sesuatu yang tak kuketahui kepada beliau, dan beliau menjawab dengan sangat baik sehingga membuatku jelas, aku sangat senang dengan penjelasan beliau..
Selesai kuliah, aku makan dengan Bu Arina (tak kusangka pula beliau mendoakanku agar bisa mengerjakan tesnya) teman - teman lain juga.


Kejadian 1 November di Stasiun Poncol
Pergi ke Poncol barengan Bu Nurjanah, emang aku sengaja bawa helm 2 biar berangkatnya bisa bocengin beliau n pulang nya boncengin mbak RIni karena ud terlalu malam pulangnya. Habis nitip motor masuk peron langsung di dlam uda ada mba Rini. Dia uda nunggu di depan stasiun, karena tiketnya kubawa, jadi mba Rini ga bs masuk. Kemudian kami masuk bersama -sama dengan Bu Nurjanah juga. Di dalam Stasiun bu Nurjanah bertemu dengan teman nya, sepertinya birokrat atau akademisi di Tegal. Temennya bu Nurjanah juga kaget dengan kenekatanku, koq berangkat mepet sekali. Aku masih PEDE saja, Bismillah Bu, nyampe kataku...
13.15 WIB 
Kereta datang tepat waktu, aku dan mbak Rini sangat lega. Kami duduk di kursi kami bersebelahan di gerbong 3, sedangkan bu Nurjanah di gerbong 2. Aku dan mbak Rini sedikit banyak mengobrol tentang teman2 MIL (Magister Ilmu Lingkungan --> Mbak RIni ini adalah teman seangkatanku namun beda kelas, karena aku mengambil kelas Weekend, mbak Rini kelas Pagi. Dia Lulusan Kehutanan UGM angkatan 98, sudah punya anak 2 yang lucu2 dan pintar2).
Jam 13.30 kereta berhenti lama sekali masih di Stasiun mangkang . Setelah itu berhenti lagi mengunggu kress dengan kereta eksekutif. setelah itu berhenti lagi kress dengan kereta barang. Hati ini kebat kebit rasanya. Jam sudah menunjukkan pukul 14.00 kemuadian 14.30 dan 15.00 , kami (aku dan mbak Rini akhirnya memutuskan untuk pulang ke Semarang dan turun di stasiun Weleri Kendal), sudah tidak mungkin lagi kami melanjutkan perjalanan 2 jam Kendal _ Tegal. Turun dari kereta di Stasiun Weleri, sempat - sempatnya gitu loh masinisnya malah cangkrukan di dalam stasiun tsb, n nekat bilang mba naik lagi ga?? naik lagi?? apaahhh bapaknya apa ngga liat jam. Ini udah jam 14.45 mana mungkin nyandak, bapake ki yo emang aneh. Akhirnya aku dan mbak Rini menuju jalan raya Weleri, naik bus menuju Terminal Mangkang dan naik bus lagi menuju stasiun Poncol dan aku pun mengambil motorku stasiun Poncol dan tak lupa membatalkan tiket kepulanganku dari Tegal menuju semarang. Sayang banget 41.000rb bisa buat foya - foya dikit beli gombal (a.k.a BAJU). hehe. Kemudian aku mengantarkan mbak Rini ke tembalang dengan naik motor. 
Aku sms bu Nurjanah "Bu, maaf kiki pulang bu, tidak jadi pergi ke Tegal, sudah tidak bakal nyandak, hati - hati dijalan ya bu, sampai jumpa di kuliah pekan depan".
Bu Nurjanah menjawab, "Kiki, hati2 sabar ya nduk, memang tidak semua yang kita inginkan bisa tercapai pada waktu yang bersamaan. Kiki juga tidak mungkin td bolos kuliah Prof Lachmudin, td kuliahnya bagus sekali, kiki bisa tanya2 tentang cara pengambilan sample di disertasi Kiki nanti. Kiki fokus kuliah dulu ya, semoga di lain kali kiki bisa ikut tes PNS lagi"
Sms bu Nurjanah ini memang benar - benar membuat hatiku seperti disiram air es, tenang banget. Memang tidak semua hal bisa diraih pada saat yang bersamaan.


Peta Jalur Perkereta apian Semarang Tegal
Station on track
Stasiun Semarang Poncol
Stop on track
Stasiun Jerakah
Stop on track
Stasiun Mangkang
Stop on track
Stasiun Kaliwungu
Stop on track
Stasiun Kalibodri
Stop on track
Stasiun Weleri
Stop on track
Stasiun Krengseng
Stop on track
Stasiun Plabuan
Stop on track
Stasiun Kuripan
Stop on track
Stasiun Ujungnegoro
Stop on track
Stasiun Batang
Station on track
Stasiun Pekalongan
Stop on track
Stasiun Sragi
Stop on track
Stasiun Comal
Unknown route-map component "eHST"
Stasiun Ujunggede
Stop on track
Stasiun Petarukan
Station on track
Stasiun Pemalang
Unknown route-map component "eHST"
Stasiun Babadan
Stop on track
Stasiun Suradadi
Unknown route-map component "eHST"
Stasiun Maribaya
Stop on track
Stasiun Larangan
Station on track
Stasiun Tegal
Unknown route-map component "hCONTf"
Ke Cirebon
Aku sudah tak ada harapan di tes ini, namun harapan masih berpihak pada adik kandungku, dia lolos di Formasi KP3K di Pulau Anambas, dia rangking 2 dari formasinya. Namun ketika tes wawancara, dia kalah dengan yang rangking pertama, sehingga dia kembali lagi ke kampus IPB untuk melanjutkan kuliah Pascasarjananya. Aku bangga dan salut dengan adikku, dia baru 1x tes saja sudah lolos tes tahap 1, sedangkan aku, perjuangan masih panjang.
semoga dia dan aku mendapat ganti terbaik dari ALLAH aamiin..
ini pengumumannya...
PENGUMUMAN FINAL CPNS KKP 2013
Selamat buat Bang Roy, teman sekelasku yang lolos disini..
Dan juga Buat Tiva yang lolos di 2 kementrian sekaligus :)

9. KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN (FORMASI DOSEN MSP UGM)
--- Berangkat 2 Nov Tes 3 Nov 2013 ---
Bisa dibilang tujuan ku sekarang adalah mengajar, so ada tambahan formasi CPNS ini aku senengnya bukan main. Awalnya udah ga da harapan lagi, soalnya S1 sm S2 nya beda walau masih 1 rumpun. Tapi ternyata UGM mempernolehkan, padahal UNDIP engga. Bisa online udah hari Sabtu pdhl Sabtu sibuk bukan main, so bisanya Sabtu sore, ngejar kantor pos udah ngga mungkin padahal Senin udah terakhir, Minggu nya berkesempatan ke Jogja diajak Budhe ke kosnya si Topok. Pakde pun mau melewatkan di kantor Pos Besar malioboro, mungkin buka , wlpn lwt ternyata tutup. 

ya sudah akhirnya menitipkan berkas ituke topok keesokan harinya untuk diposkan langsung ke  POBOX Bulaksumur n bayarnya ternyata murah bgt cm 2500. makasiii bgt topok ud bantuin ngeposin di sela2 kul.
jreng pengumuman admin keluar. tak disangka alhamdulillah, aku dan mbak rini sama - sama lolos lagi. kali ini kami berjuang bareng lagi,  cm bedanya mbak rini di fakultas geografi aku di fakultas pertanian. 
aku berangkat tes ditemeni Bonok. dia yg udh jarang kuliahnya sekalian mau liburan di tempat Topok katanya. kami berdua naik bus nusantara. kemudian ganti trans jogja.koq ya aku sempat - sempatnya memanjakan diri di tempat akupuntur. hi3.. topok jemput bonok di sardjito dan aku mbelandang sendiri ke Pusat holistik indonesia di kaliurang km 5. hihi lumayan jauh jg sih jalannya. Aku naik Trans Jogja sampai Kentungan kemudian ganti colt Kaliurang sampe KM 5, kemudian jalan kaki ketempat akupunturnya. Aku sempat makan dulu di Mie Ayam sekitar situ karena emang udah kelaparan banget - nget. Sampai tempat akupunturnya aku sholat dulu trs di akupuntur, ini si Terapis bisa - bisanya mirip sama mbak Similikiti, baik pula orangnya. Selesai akupuntur udah jam 18. 00 malam, aku akhirnya diantar pulang ke Kosannya topok sama mbak nya, baik banget kaaannn....pake acara  nyasar segala pula, karena aku lupa kos Topok dimana. Setelah ketemu kos topok, aku bonok n topok makan bareng nasi goreng magelangan ternyata enak pol, baru tahu kalo di jogja nasi goreng ruwet (nasi goreng campur mie dan sayur). Habis makan, ngobrol sebentar terus aku nginep di kosan temenku yang cewek (Uphe), salah satu adik kelasku di FPIK dulu. Sampai sana jam 21malem, dia lg belajar sama temennya ngapalin UU Kebencanaan, beginilah kalo S2 di UGM lama - lama bisa kaki di kepala kepala di kaki. Susahnya minta ampun, kasihan banget si Uphe. Habis temennya pulang, malahan aku sama Uphe nggosippp boookkk sampe jam 01pagi. Si Uphe dan aku ini sama2 makhluk nocturnal yang aktif di malam hari, hadeeehh aku ni mau tes besok bukannya bobo malah ngegosip, padahal aku sama Uphe baru pertama ketemu itu, tp kalo ngobrol udah cocoknya bukan maen, udah kayak kakak n adik yang beratus - ratus tahun ga ketemu. Sampai habis subuh aku di kos nya Uphe, habis itu pamit jalan kaki balik lagi ke Kosnya Topok buat siap2 tes, alhamdulillah jarak kosnya Uphe ke kos Topok lumayan deket pake banget. Di tes kali ini aku dapat ruang di Fakultas Hukum UGM. Berangkat beli makan dulu, dibungkus terus makan di depan kelas, Alhamdulillah sampai jauh sebelum waktunya, diantar topok naik motor walau rame banget karena kalo minggu pagi di UGM ada Sunmor (Sunday Morning) semacam Car Free day kalo di Semarang. Habis itu masuk ruangan tes dan mulai ngerjakan tesnya. Tapi yaaa ini sumpah banget. Dari 9x tes yang aku ikuti, menurutku tes ini paling gampang. Matematika nya paling bisa dikerjakan, Wawasan Nasionalnya paling bisa dikarang. Tesnya berlangsung dari jam 8pagi - 10 pagi, ni tes terenak yang kuikuti, udah tanpa perjuangan, ga begitu capek, sambil piknik di Jogja pula. Sepulang tes aku nebeng sama mbak Retno yang kami berdua kenalan pas di Tes, sampai maskam UGM. Disana aku iktikaf hihihi. padahal aslinya karena ga punya uang buat nge sunmor n waktu itu hujan pula jd ngedekem aja di Maskam. Nunggu di Maskam sampai Topok jemput aku. Sambil nonton ada akad nikah juga di Maskam, so romantic banget pokoknya. Habis topok jemput aku, kami ke kos topok dan kemudian kami bertiga Nge Kalimilk,, asekkk...Kalimilk (Kaliurang Milk) itu resto yang nyediain susu rasa buah + yogurt. Harga yang ditawarkan bervariasi mulai 9rb-20rb ke atas buat 1gelas susunya. Habis ng kalimilk balik lagi ke kosnya topok siap pulang ke Semarang, udah was2 banget takut kalo ga kecandak soalnya udah pesen bis Nusantara ke Semarang yang jam 5sore. Pas banget sampe sana jam 5kurang5. langsung naik ke Bus kondisi ujan juga. Alhamdulillah sampai semarang lancar walau bisnya sempat ganti ban, tp ngerasa aman aja kalo ada temennya gini.Sampai Semarang ambil motor di terminal dan pulang pake motor sama bonok.
makasiii banget buat Bonok yang mau nemeni (walau tujuan dia juga mau liburan). makasi buat Topok yang anter aku kemana2.. Makasi buat Uphe yang nyediain tempat nginep buat aku...
nb
: topok sepupuku kuliah d s1 geologi ugm..
bonok spupuku kul d s1 sipil undip..
bonok kakaknya topok...

HASIL TES INI : setelah ngegalau kira2 1 bulan lebih.. Akhirnya pengumuman tes ini keluar, dan LAGI - LAGI TIDAK DITERIMA. yang diterima pada tes tahap 1 kali ini adalah lulusan S2 Biologi di Jepang dan 1 nya lulusan Bioteknologi yang pernah pula seminar di Luar negeri. UGM memang tidak salah memilih calon dosennya. Aku bellum berkapasitas untuk itu. Bocoran dadi Fit (adik kelasku di SMA yang sekarang di MSP UGM dia bilang kalau tes tahap kedua nya, mahasiswa - mahasiswa disuruh ikut menilai bagaimana cara calon dosen PNS itu mengajar, mereka berdua disuruh presentasi di depan Mahasiswa. Wuaahh ngeri juga yaaa...
Kata ibuku, beliau berdoa yang terbaik buat aku, akupun demikian, aku kini sedang sekolah S3 dengan beasiswa dari Kemendikbud juga.. entah nanti menjadi DOSEN PTS ATAU PTN Allah yg sudah mengaturnya, kewajibanku sekarang adalah belajar dg baik - bekerja (di tempat yang sekarang dengan baik)- berjualan dengan jujur - mengaji dengan baik.. dan tidak mengisi waktu kosong dengan Kegalauan... ^^ Tetep semangat Kiki...
 




2 komentar:

  1. Hahhhh....ada namaku disebut di tulisan ini, hehehe....
    Kalau ke Surabaya mampir-mampir lagi yaa.... :D

    BalasHapus
  2. iyaaa siaappp.. xixixixix
    makasiii banyak atas bantuannya kmrn ya sil...
    mgkn waktu itu km lg hamil muda,,, tp rela berdiri bermenit2 di bus yg penuh buat nganterin aku...

    BalasHapus