Mulai tahun ini, aku diamanahi penanggung jawab duta zakat, majelis taklim dan komunitas. Yang mana tugasku lebih ke presentasi komunitas ketimbang individu. Hmmmm awalnya ak rasa berat sih. Tp dalam beberapa minggu terakhir ini ak sangat menikmatinya.
Hari ini, aku dan dek ningrum berkolaborasi untuk silaturahim mencari peluang majelis taklim bersama. Aku akui dulu ak sangat pasif sekali dalam urusan seperti ini. Aku selalu menyerahkannya pada soulmateku Betty. Dia yang mencari peluang majelis taklim, kemudian kami presentasi bersama. Tapi sekarang, tanpa nya mau tak mau aku harus mencarinya sendiri dengan bantuan dek ningrum.
Aku mencari cari data lama karena aku memang tidak difasilitasi data majelis takliml dari kantor. Bukan seperti data individu yang kantor memfasilitasinya. Segala cara aku&dek ningrum lakukan. Dia alumni unnes dan baru lulus, jadi kenalan2 unnesnya lumayan banyak. Sedangkan aku yang sudah bangkotan begini mencari data via twitter,facebook maupun google.
Rabu, 24 April 2013 ini kami ada 2 janji dengan PJ majelis taklim.
Yang pertama adalah sebut saja ukhti Is. Rumah ukhti is ini sangat jauh dr kantor. Sekitar 12 km. Kami berangkat pukul 12.30 estimasi nanti jam17.00 kami baru dari bawah jadi kami sepakat untuk bawa 2 motor dan 1 motor kami titipkan di skincare samping rumah sakit karyadi. Lalu kami melanjutkan perjalanan kerumah ukhti is. Mau tak mau kami harus melewati fly over kalibanteng yang sedang dibangun. Melewati ini benar2 marmos (marai emosi), udah panas, rame, berdebu, siap2 bertemu dengan truck fuso dan teman - temannya. Kapan yaaaa fly over ini jadi????..
![]() |
| Proyek Pembangunan Fly Over Kalibanteng Semarang |
Jarak tembalang - ngaliyan yang biasa aku sendiri kesana, kali ini ditemani dek ningrum jadi terasa singkat. Sampai dengan pintu gerbang ngaliyan, masih sempat2nya nyasar pula. Dasar kami tukang nyasar, padahal sudah diberi ancer2 sama ukhti is.
Akhirnyaaa sampai jg drmh ukhti is. Kami memaparkan beberapa program kantor yg bs disinkronkan dengan majelis taklim binaanya. Ukhti is ini kecil, kurus, tinggi, lincah, jilbabnya gedeee bgt dan aktivitasnya segudang. Aku ketahui dr ngobrol dengan beliau. Membina sekolah inilah, kampus itulah, pengajian di kampungnya lah. Yang katanya baru resign dr kantornya, tp tiap hari malah banyak aktivitas dakwahnya. Kami direferensikan untuk menghubungi kenalan kenalannya. Habis ngobrol2 udah dikasih minum, tempe mendoan eh kami malah ditawarin makan siang. Beginilah kalau sudah kenal dg donatur semuanya dikeluarkan utk menjamu kami. Xiixix. Kalo semua donatur kaya gini sih kami jd keeenakan. Xixixi. Setelah selesai obrolan kami pamit pulang dan bersikeras utk menolak dg halus tawaran makan siangnya. Karena kami mmg ingin mencoba makan siang di luar dan janjian dengan klien setelahnya di kafe. Ketika pamit pulang aku iseng bertanya kepada ukhti is. "Mbak, jenengan angkatan berapa?" Dia jawab "2004" subhanallah tertohok saya. 2004 dengan aktivitas nya yg segudang. Dalam perjalanan menuju klien kedua, aku dan dek Ningrum berbincang. Dek, aku koq merasa tetohok ya dengan mbaknya, selama ini aku itu akhwat EGP sama kegiatan dakwah. Hanya akademis akademis dan akademis saja yang aku kerjar". Dek Ningrum pun berkata pelan "iya, memang mbak is dakwah mainded mba... " ... aku jadi berpikir dan sering mencari pembenaran tentang ini. Dulu waktu masih sekolah s2. Waktuku memang habis buat kerja dan kuliah. S2 itu banyaaaakkk tugas. Apalagi ditambah kerja stiap hari senin-jumat jam 08.00-17.00, sabtu kuliah, ahad kegiatan jamaah. Atau pergi keluar kota dg keluarga. Ditambah lagi, karena aku sekolah menggunakan beasiswa, aku dituntut tepat waktu dalam menyelesaikan kuliahku. Kalau lebih lama, uang siapa yang mau dipake untuk membayar kuliah. Praktis (alasanku) memang aku tdk sempat dalam mengurusi kegiatan dakwah. Semoga Allah tidak menanyai kontribusi ku dlm dakwah di akhirat nanti. Semoga dengan bekerja di lembaga sosial seperti ini menambah timbangan amal baikku walau aku tak sempat berdakwah. Gumamku dalam perjalanan ke tempat klien berikutnya.
Klien berikutnya ini adalah komunitas hijabers semarang. Aku mencari komunitas ini di twitter. Dan akhirnya berhasil kutemui.
Kami janjian di X.O kopitiam semarang. Selama menjadi petugas lapangan baru kali ini aku janjian dengan klien di kafe. Sampai sana dek Ningrum berkata padaku, "mbak, perasaanku ga enak, aku cm bawa uang 50.000", akupun menjawab "santai aja dek, aku jg cm bawa uang 40.000, nanti kalo kurang salah satu dr kita ambil atm ya..." . "Hmmm okelah mba, pede aja yuk, kami pun masuk"
"Ya Rabbi benar saja, ini kafe kelihatan eksklusif sekali, yaaaa 11 12 lah kalau sama Selera Indonesia Akpol, simsix resto jepang belakang kantor kami. Solaria citraland, atau Ikan bakar cianjur nya kaliwiru.
![]() |
| XO Kopitiam Semarang |
Lalu kami memesan menu kepada mas waitressnya. Lihat2 harga "Dek, muraaah yaa ga semahal yang kita kira" "haaaa. Iya mbak waahhh kelihatannya enak nih mba. Aku pesan Penang Curry Laksa" kata ningrum menyebutkan pesanannya. "Hmm aku apa ya dek, aku pingin nasi .. ini aka deh Nasi Hainan Ayam Madu" kemudian kami memanggil mas waitress nya lagi dan sepakat untuk memesan 1 minuman saja dengan 2 sendok yaitu Ice Kelapa muda . Karena menurut pengamatan kami di meja sebelah gelas yg dipake untuk minum adalah seukuran akuarium ikan cupang. Hahahaha gedhe banget kan..
Pesenanpun datang,mencicipi 1 sendok dek ningrum pun berkomentar, "ya Allah mbak, enak banget, kapan2 kesini lagi yaaa cobain deh mba". Aku pun mencobanya "Haaa,iyaa dek,ni coba punya ku enak juga kan ayam dan nasinya". Dia pun mengambil makanku "waahhh iya mba,koq kita jadi berkomentar kaya pak bondan winarno gini ya... " hahaha.. kami pun tertawa senang menghabiskan makanan dan mencicipi es kelapa muda.
Akhirnya pukul 16.00 mbak clara dr humas hijabers semarang datang, kemudian disusul mbak hana. Cantik2 2 akhwat hijabers ini. Dan aku dibuat tertegun untuk kedua kalinya. Masih semester awal di kuliah tapi sudah sering kerja sosial di kegiatan2 hijabers semarang. Koq mereka bisa bagi waktu dan semangat sekali ya. Aku sugguh kagum. Pengajian hijabers semarang ini diadakan setiap bulan sekali pada pekan keempat dengan tempat dan tema berpindah2. Insya Allah bln ini akan diadakan di masjid raya candi lama. Alhamdulillah aku malah jadi ingin juga gabung di hijabers dengan awalan ikut pengajiannya besok ahad sekaligus alhamdulillah diijinkan untuk mempresentasikan program kantorku di komunitas hijabers.
Setelah ngobrol panjang kali lebar kali tinggi, kami pamit pulang dulu karena mbak clara dan mbak hana belum pesen makanan. Mereka tinggal di sana dulu untuk makan dan kami melanjutkan perjalanan pulang.
Tertohok 2x deh akhirnya. Klien 1 seumuran yg punya banyak taklim. Sedangkan klien 2 malah lebih muda tapi udah aktif di kegiatan sosial sejak semester awal.




Tidak ada komentar:
Posting Komentar