Januari, 2004
Kali ini aku mau cerita soal ikan. Entah mengapa dulu waktu kecil aku sangat tidak suka makan ikan, hahahaha. Untung waktu dulu Departemen Perikanan masih satu Departemen dengan departemen Pertanian, belum seperti sekarang yang sudah punya departemen sendiri yang sekarang namanya Kementrian Kelautan dan Perikanan yang dibentuk kalau tidak salah sekitar tahun 1999 pada saat presidennya Gusdur. Saat ini mereka punya program bagus yaitu Gemarikan (Gemar Makan Ikan).
Kali ini aku mau cerita soal ikan. Entah mengapa dulu waktu kecil aku sangat tidak suka makan ikan, hahahaha. Untung waktu dulu Departemen Perikanan masih satu Departemen dengan departemen Pertanian, belum seperti sekarang yang sudah punya departemen sendiri yang sekarang namanya Kementrian Kelautan dan Perikanan yang dibentuk kalau tidak salah sekitar tahun 1999 pada saat presidennya Gusdur. Saat ini mereka punya program bagus yaitu Gemarikan (Gemar Makan Ikan).
Mungkin juga ini dipengaruhi oleh letak geografis kota tempat tinggal asalku (Kota Madiun) yang tidak ada pantainya sama sekali. Jadi aku tidak biasa makan ikan sejak kecil (seingatku) kadang pengasuhku sering menyuapiku dengan lele (Clarias sp.) kalo lele aku kadang mau tapi kadang juga tidak, Masa kecilku , aku lumayan kurus karena aku memang anak yang sangat sulit makan,, hehehe.
Hingga pada suatu ketika, aku ingat kala itu aku kelas 3 SMA. Selesai ujian sekolah semester 1, aku nekat menyusul eyangku yang tindak ke rumah Budheku ke Semarang, aku sendirian naik bis. Sejak kecil, aku mempunyai pengalaman buruk dalam hal naik angkutan jarak jauh, pasti mual kemudian mabuk darat, bahkan kadang sampai sekarang saat aku sudah setua ini. Apalagi kalau naik mobil dinas kantorku. ACnya dinyalakan dan aku kedinginan seperti td sepulang dari rapat, dalam perjalanan dari tempat rapat (Banyumanik) sampai kantorku (Banyumanik) juga perutku mual sekali dan aku hampir muntah hahahaha.... Kembali ke cerita pengalaman dulu, waktu itu, jelas lah aku mual dan muntah di jalan, semua isi perut aku keluarkan semua (upsss maaf vulgar), badan lemas sekali dan sendirian pula di dalam bis Solo-Semarang. Dalam kondisi lumayan hujan pula, di dalam bus AC sehingga aku semakin kedinginan. Alhamdulillah aku selamat sampai rumah budheku walau dengan sedikit perjuangan ekstra.
Sampai rumah budheku, pada saat itu aku belum punya hape. Aku hanya mengabari via telepon rumah kalau aku mau datang, tapi tidak bilang datang jam berapa. Pas aku datang sampai depan pintu, keluargaku sudah siap berangkat naik mobil hendak pergi ke pemancingan Risana Banyumanik. Akhirnya tanpa ganti baju aku pun langsung ikut. Pengalaman pertama ku memancing sungguh menyenangkan tidak dapat - dapat ikan, susahhh sekali. Yang pandai memancing tentu saja adalah mas sepupuku, biasa lah cowok multitalented dia itu hahaha.
Sampai rumah budheku, pada saat itu aku belum punya hape. Aku hanya mengabari via telepon rumah kalau aku mau datang, tapi tidak bilang datang jam berapa. Pas aku datang sampai depan pintu, keluargaku sudah siap berangkat naik mobil hendak pergi ke pemancingan Risana Banyumanik. Akhirnya tanpa ganti baju aku pun langsung ikut. Pengalaman pertama ku memancing sungguh menyenangkan tidak dapat - dapat ikan, susahhh sekali. Yang pandai memancing tentu saja adalah mas sepupuku, biasa lah cowok multitalented dia itu hahaha.
![]() |
| Pemancingan Risana, Januari 2004, Budheku masku dan si Topok asik menunggu umpan ditarik sama Oreochromis Sp |
![]() |
| Pemancingan Risana, Januari 2004 Aku memasang umpan dan tidak bisa bisa, aku masih kurus yaaa,,, xixixixi |
![]() |
| Lupa sama moment ini tapi sepertinya mas ku mulai dapat ikan , Bajuku basah semua karena kehujanan di pemancingan |
Tibalah saatnya memakan makanan yang dipancing. Pertama aku mengambil nasi, kemudian mencicipi ikannya sedikit demi sedikit. Ihhhhh ini apa sih??? tapi kemudian terasa enak dan kemudian aku makan dengan lahapnya. Eyangku hanya diam membisu melihatku makan ikan bakar, karena eyangku tahu aku tidak suka ikan tapi dengan terpaksa makan, karena semua isi perutku sudah aku muntahkan di bis tadi. Aku juga tak berkata apa - apa pula aku hanya lapar saja dan memakan apa yang ada disana. Sebenarnya ada makanan lain, karena sepupuku yang kedua (si Bonok) itu vegetarian dari kecil, jadi kalau makan diluar budheku selalu membawakan telur , tempe, tahu atau mie dari rumah, karena makanan yang dia mau hanya bakso dan sekarang mau nugget juga dia. Sebelum makan ikan, aku tidak berani matur (bilang) budhe pakdheku kalo aku sebelumnya tidak suka makan ikan, karena memang jarang makan ikan (bukan karena prihatin tidak punya uang karena tidak bisa membeli ikan, tp memang dasarnya aku tidak mau) hahaha.
Setelah perjalanan pulang eyangku baru bercerita di mobil "Oalah wuk Lia, aku wes ndredek wae, kowe mengko maem opo ning pemancingan, lha ora ono panganan liyane jebule kok kowe gelem iwak, aku dadi seneng ndelok kowe mau maem wareg sampe tanduk - tanduk" (Oalah wuk(panggilan jawa anak perempuan kecil) Lia (nama panggilanku dirumah), aku gemetar sekali tadi, kamu nanti makan apa di pemancingan, lha tidak ada makanan yang lain, ternyata kamu kok mau makan ikan, sampai kenyang dan nambah - nambah" .. Dan disambut tertawa semua yang ada di mobil.
Saking gembiranya kami saat itu, eyangku tidak sadar kalau dompetnya terjatuh dibawah jog mobil dan semua bingung mencarinya dikiranya ketinggalan / hilang di Pemancingan Risana.
Saking gembiranya kami saat itu, eyangku tidak sadar kalau dompetnya terjatuh dibawah jog mobil dan semua bingung mencarinya dikiranya ketinggalan / hilang di Pemancingan Risana.
April, 2013
Mengingat cerita awal aku mau makan ikan itu aku sering dengan bangganya bercerita pada teman - temanku, jika rapat kantor di Pemancingan Risana. Kebanyakan teman - temanku sudah tahu, kalau aku orang perikanan yang ga doyan ikan kalo tidak dibakar, kecuali ya karena terpaksa, bahkan sampai sekarang. Tadi pun aku bercerita lagi pada teman kantorku Dani dan Ningrum (para remaja yuniorku di kantor) asal muasal aku mau makan ikan.Sepertinya mau makan ikan itu prestasi hebat banget buat aku kaya dapet nilai A saat mata kuliah statitistik atau Pengindraan jauh (hal yang tidak mungkin)..hehehe.. Tadi pagi sampai sore aku berkesempatan ke Risana lagi, membahas apa disana Rahasia Perusahaan yaaaa ^^. Ada kejadian aneh pula, ada salah seorang temanku Aziz (bukan nama sebenarnya ^^) (ikhwan taat, tampang ustadz, ngajinya bagus, rajin, suka menolong, tidak sombong dan hafalannya banyak) yang tiba2 spontan memanggil namaku yang biasa Kikim, diganti dengan Cicim maka para remaja itu langsung bersontak meneriaki kami, tenang2 saudara2, kalo kata Pak Pri dia yg mikir2 mau dengan akhwat kacau seperti saya... ("hahahaha, kidding lho Ziz, km kan tahu saya suka menulis maaf yaaa kalau jd objek sasaran menulis saya")...
Ada pesan sponsor sedikit nih, Salurkan Zakat Infaq Shadaqah anda ke PKPU, Jl Setiabudi 70 Semarang, (024) 70787578. Loh.. Malah Ngiklan (Buat ndongkrak popularitas Zakat Advisor (jabatanku sebagai marketing zakat) donk.... (hehehehe ndongkrak target dink^^), jd tar kl udah tercapai target, aku tinggal iktikaf aja gt, tgl 1-30 Ramadhan xixixi (maunyaaaa)..
Ini foto - foto lagi bersama teman2ku, karena teman2ku ini masih remaja ya pasti mereka suka banget diajakin foto. Seperti ini gaya kami ..
Sampai jumpa di Episode Workaholik dan Ikan berikutnyaaa yaaaa....
Ada pesan sponsor sedikit nih, Salurkan Zakat Infaq Shadaqah anda ke PKPU, Jl Setiabudi 70 Semarang, (024) 70787578. Loh.. Malah Ngiklan (Buat ndongkrak popularitas Zakat Advisor (jabatanku sebagai marketing zakat) donk.... (hehehehe ndongkrak target dink^^), jd tar kl udah tercapai target, aku tinggal iktikaf aja gt, tgl 1-30 Ramadhan xixixi (maunyaaaa)..
Ini foto - foto lagi bersama teman2ku, karena teman2ku ini masih remaja ya pasti mereka suka banget diajakin foto. Seperti ini gaya kami ..
![]() |
| Plisss dew , juallah Laptop ini dengan harga murah kepadakuuuu aku akan rayu sampe imanmu goyah,,, |
![]() | |
| Teman - teman Remajaku,, eh ada bumil nya dink, udah ga remaja lagi |
![]() |
| Episode berdua mbak Cicim dengan Dani |
Sampai jumpa di Episode Workaholik dan Ikan berikutnyaaa yaaaa....






Tidak ada komentar:
Posting Komentar